Jumat, 07 Agustus 2015

CANDI SAMBISARI KABUPATEN SLEMAN - D.I. YOGYAKARTA

Candi Sambisari yang terletak di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Sleman. Kalo dari arah kota tinggal berjalan ke arah Bandara Adisucipto, nah beberapa ratus meter dari pertigaan Bandara Adisucipto tersebut terdapat pertigaan lagi, belok kiri sampe mentok kita sudah sampai di lokasi Candi Sambisari. Nggak sulit buat nyari jalannya karena ada papan penunjuk jalan dengan jelas.
 
Candi Sambisari ini merupakan candi yang bercorak agama Hindu. Yang menarik adalah Candi Sambisari berada pada kedalaman 6,5 meter di bawah permukaan tanah sekitarnya. Terdiri dari sebuah Candi Induk dan 3 Candi Perwara. Untuk masuk ke area candi terdapat 4 pintu masuk, saya pun masuk melalui pintu sebelah barat.
Pertama yang saya amati tentu saja bangunan yang paling besar alias Candi Induk. Di pintu masuk Candi Induk terdapat hiasan berupa seekor singa yang berada dalam mulut makara yang menganga. Masuk ke dalam Candi Induk terdapat arca Lingga dan Yoni seperti yang ada pada Candi Ijo yang saya kunjungi sebelumnya. Saat mengelilingi Candi Induk saya mengamati terdapat 3 buah relung yang berisi arca Dewi Durga dengan 8 tangan yang membawa senjata, arca Ganesha, dan arca Agastya yang terdapat seperti tasbih yang mengalung di lehernya.
Tepat di sebelah barat Candi Induk terdapat 3 Candi Perwara yang saling berhadapan dengan Candi Induk. Candi Perwara yang ada di Candi Sambisari ini tidak mempunyai atap. Pada Candi Perwara yang tengah terdapat arca Padmasana yang kemungkinan digunakan untuk menaruh sesajen. Di sekeliling Candi Induk dan Candi Perwara juga terdapat 8 buah lingga patok yang tersebar di seluruh penjuru mata angin.
Nah ini adalah akhir petualangan saya di Jogja pada bulan ini, sebenernya masih pengen mengunjungi beberapa candi lagi tapi karena keterbatasan waktu dan saya harus segera kembali ke Surabaya jadi keinginan tersebut harus ditunda dulu. Kemungkinan awal bulan depan saya kembali ke Jogja dan tentunya akan mengunjungi beberapa tempat yang menarik di Jogja. Buat yang mau ke Jogja dan akan ke Candi Prambanan, nggak ada salahnya buat mampir dulu ke Candi Sambisari sebelum ke Candi Prambanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...