Jumat, 07 Agustus 2015

CURUG CIMAHI KABUPATEN BANDUNG BARAT - JAWA BARAT

Banyak pilihan alternatif wisata yang ada di Bandung dan sekitarnya. Mulai dari wisata alam, wisata bumi (geowisata) hingga wisata yang memicu adrenalin dan cocok dikunjungi bersama teman, keluarga atau teman kantor. Bandung bagi wisatawan luar Bandung sangat terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Hal itu dikarenakan karena Bandung dikelilingi oleh beberapa gunung dan hutan yang masih alami sehingga banyak objek wisata alam yang tersedia. Buat kamu yang suka dengan wisata alam nampaknya harus coba mengunjungi curug (bahasa sunda dari air terjun) yang ada di Bandung dan sekitarnya. Di kabupaten Bandung Barat terdapat air terjun yang unik dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di kawasan kabupaten Bandung. Nama tempat itu adalah CURUG CIMAHI/CURUG PELANGI..

Curug Cimahi/Curug Pelangi
Curug (air terjun dalam bahasa sunda) atau juga Air Terjun Cimahi ini memiliki ketinggian sekitar 87 m yang merupakan salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Curug Cimahi ini dikelola oleh PT. Perhutani. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.
Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkat dan termasuk yang unik. Sesuai namanya Cimahi (bahasa sunda: Ci = air dan Mahi = cukup). Debit air terjun ini selalu sama, baik saat musim hujan atau pun kemarau. Namun jika dibandingkan puluhan tahun lalu debit airnya jauh berkurang.
Dulu orang mengenal tempat ini sebagai Curug Cimahi. Tapi kini tempat ini berinovasi dengan menambahkan lampu yang dipasang dibelakang air terjun sehingga pada malam hari air terjun ini akan memancarkan warna seperti warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu layaknya pelangi yang berwarna-warni.
Lokasi/Alamat Curug Cimahi/Curug Pelangi
Curug Cimahi/Curug Pelangi ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. Curug Cimahi/Curug Pelangi ini dapat ditemui pada peta dan koordinat GPS: 6° 47′ 56.58″ S 107° 34′ 39.34″ E.
Untuk sampai pada tempat ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Ada beberapa rute yang bisa dipilih untuk mencapai curug ini. Kebanyakan yang digunakan ialah jalur Cimahi melalui Cihanjuang dan Parongpong, ataupun dari arah jalur Lembang.
Jika menggunakan kendaraan pribadi dan dari pusat Kota Bandung, cukup menyusuri jalur Cihideung menuju Cisarua dengan terlebih dahulu melewati kawasan Universitas Pendidikan Indonesia, lalu ke arah Sersan Bajuri dan kemudian Universitas Advent Indonesia dan terakhir menuju terminal angkot Cisarua. Pintu masuk Curug Cimahi terletak tepat di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya.
Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan jasa angkutan umum dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng. Setelah sampai di Terminal Sukasari (di depan Vila Istana Bunga), dapat diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit atau dapat memanfaatkan jasa angkutan umum Cisarua-Lembang dengan ongkos yang relatif murah. Jika dari kota Cimahi jalan termudah adalah dari Terminal Pasar Atas Cimahi jurusan Cimahi-Cisarua.
Dan setelah sampai di depan pintu gerbang wana wisata ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak berundak yang menurun dan berkelok-kelok. Jalan setapak berundak ini (berjumlah sekitar 587 buah anak tangga) terbuat dari batu dan semen dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi/Curug Pelangi
Harga tiket masuk dari Curug Cimahi/Curug Pelangi adalah sebesar Rp. 15.000,- per orang (harga sewaktu-waktu dapat berubah) dengan hari dan jam buka setiap hari dari pukul 08.00-21.00 WIB. Jika kamu ingin menikmati Curug Pelangi atau air terjun yang berwarna warni saat malam hari kamu bisa menikmatinya mulai dari terbenam matahari hingga pukul 9 malam.
Fasilitas Curug Cimahi/Curug Pelangi
Fasilitas parkir untuk kendaraan baik roda empat ataupun roda dua tersedia. Anda bisa parkir di area terminal angkutan kota kecil yang terletak persis di pinggir gerbang masuk curug cimahi.

1 komentar:

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...