Jumat, 07 Agustus 2015

BENTENG PENDEM KABUPATEN NGAWI - JAWA TIMUR

Benteng Pendem Ngawi

Pertama kali masuk ke area ini, subhanallah, ternyata orang zaman dulu keren-keren lho, mereka bisa ngebangun benteng yang kokoh hingga ratusan tahun, tembok-tembok yang kuat dan bentuk benteng yang nyaris sempurna, walopun ada sebagian yang sudah ambruk dan dimakan rayap. Kalo gak kokoh mah, gak bakal dijadiin benteng kali ya? 
 
Tahun 1962, Benteng Van Den Bosch (diambil dari nama Gubernur saat itu) dijadikan markas Yon Armed 12 dan diisi kegiatan latihan militer. Selain itu juga digunakan gudang persenjataan.  Pada masanya, bangunan ini digunakan sebagai zona pertahanan pada pemerintah Belanda dan persinggahan ilmuwan Belanda.
Trus kenapa dinamain “Benteng Pendem”? Karena di sekeliling benteng ada gundukan tanah yang sengaja dibuat untuk menahan luapan air sungai Bengawan Solo. Sehingga kalo kita berjalan di atas, benteng ini berada di bawah dan terkesan seperti terpendam. Dan parit selebar 5 meter itu dulunya mengelilingi benteng ini, tapi sekarang udah tertutup tanah.
Sekarang Benteng Pendem sudah resmi dibuka untuk umum dan banyak revitalisasi di sekitarnya untuk menunjang tempat wisata ini. Jadi buat temen-temen yang tinggal di daerah Jawa Timur, gak perlu jauh-jauh ke Jakarta, di sini kalian bisa menikmati suasana ala Kota Tua lho.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...