Jumat, 07 Agustus 2015

PEMANDANGAN ALAM ARAK-ARAK KABUPATEN BONDOWOSO - JAWA TIMUR


Arak-Arak, nama ini begitu familiar jika menyebut nama Bondowoso. Jika menyebut nama Arak-Arak, ingatan orang akan langsung tertuju kepada sebuah kawasan pegunungan yang jalannya berkelok-kelok. Letaknya berada di desa Sumber Canting, Wringin yang berbatasan langsung dengan Situbondo. Jika menuju Bondowoso dari arah Surabaya, Arak-Arak seolah menjadi gerbang pertama. Bagi yang baru melewati daerah ini, biasanya akan langsung terkesan dengan pesona alamnya yang unik.                                       
Salah satu spot terbaik di tempat ini adalah wisata Pemandangan Arak-Arak. Tidak sedikit para pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, memilih istirahat sejenak sambil menikmati terasiring lahan pertanian di perbukitan dengan background selat Madura. 

Di samping pemandangan indahnya yang sudah familiar, ternyata ada eksotisme lain di tempat ini. Jika menyisir lagi ke sisi timur dari pemandangan, ada air terjun kecil bersusun yang menghadirkan keunikan tersendiri. Selain itu juga ada tebing yang memiliki cerukan di tengahnya layaknya sebuah goa di sisi barat pemandangan tersebut. 
Besarnya potensi Arak-Arak seharusnya dikemas dengan lebih lagi oleh pemerintah daerah. Pasalnya, terdapat beberapa titik sampah tempat di bibir tebing kawasan pemandangan ini. Tidak sedikit para pengunjung yang memilih menghindar dari tempat tersebut. Selain itu, kelemahan lainnya adalah tidak adanya toilet. Tidak ada air bersih yang tersedia. Jika jumlah pengunjung membeludak bisa jadi kawasan pemandangan Arak-Arak akan berbau tidak sedap. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...