Senin, 15 Januari 2024

MONUMEN PERJUANGAN TNI AU KABUPATEN BANTUL - D.I. YOGYAKARTA

Monumen Perjuangan TNI AU diresmikan pada 27 Juli 2000. Di dalam areal cungkup seluas 40 m2 terdapat makam Marsda TNI (Anumerta) Adisutjipto dan  makam Marsda TNI (Anumerta) Abdulrachman Saleh. Renovasi dilakukan pada seluruh bangunan serta dilengkapi fasilitas pendukung yang memadai, seperti tempat upacara seluas 660 m2, pagar teralis besi, gapura, pembuatan pringgitan/pendopo seluas 85 m2, plaza seluas 220 m2, areal parkir seluas 1.000 m2, kamar jaga seluas 220 m2, dan kamar mandi/ruang tunggu sopir seluas 48 m2 .

Tugu monumen terbuat dari bahan cor setinggi 7 m, dengan batang tubuh segi enam kerucut ditopang lapik segi empat bersusun dua mengecil. Pada puncak tugu terdapat seekor burung garuda yang merentangkan sayapnya dan dibuat dari tembaga setinggi 1,5 m. Tugu berada dalam areal pagar teralis besi, dan pada bagian belakangnya terdapat dinding yang bereliefkan rangkaian peristiwa sejarah Hari Bakti TNI AU 29 Juli 1947.


Di monumen ini dilengkapi relief dan display foto-foto yang menggambarkan tahap-tahap peristiwa Hari Bakti, sejak dilakukannya briefing sebelum penyerangan kubu Belanda di Salatiga, Semarang, dan Ambarawa, penerbangan penyerangan udara sampai ditembaknya pesawat Dakota VT-CLA dan jatuh di Ngoto.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...