Sabtu, 19 Agustus 2017

TAMAN BOTANI SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER - JAWA TIMUR

Berawal dari latar belakang H. Abdul Kahar Muzakir sebagai orang  pertanian/perkebunan dengan bermodalkan dana pensiunan yang terbatas,  berkeinginan untuk mempertahankan kesibukan dengan cara membeli tanah di  lokasi Sukorambi. Tanah dibeli bertahap dari luasan yang kecil hingga berkembang  sampai saat ini. Tanah awal tersebut dimanfaatkan untuk membuat tambak kecil kecilan. Selanjutnya areal semakin bertambah luas dan dimanfaatkan untuk  menanam berbagai jenis bunga,buah-buahan, sayur-sayuran maupun tanaman  obat. Koleksi tanaman semakin bertambah dengan tanaman berasal dari luar daerah sampai luar negeri.


Bapak H. Abdul Kahar Muzakir kemudian menciptakan tempat rekreasi yang alami sebagai alternatif pilihan tempat rekreasi bagi masyarakat Jember dan sekitarnya. Diharapkan juga dapat membantu dalam menyediakan sarana belajar tentang alam, serta membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan, tanaman dan binatang.  Taman rekreasi itu diberi nama Taman Botani Sukorambi dimana merupakan taman wisata alam terdekat dari kota Jember (sekitar 10 menit), dengan konsep Rekreasi sambil Belajar dengan luas sekitar 12 hektar, menyajikan aneka ragam koleksi tanaman, hewan, permainan dan wahana-wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala umur.


Taman Botani Sukorambi terletak di Jl Mujahir, Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi sekitar 8 km ke arah barat laut dari kota Jember. Para Penelusur tau ga salah satu yang unik di Taman Botani Sukorambi ini?, usut punya usut ternyata Taman Botani ini memiliki kelebihan di koleksi hewan dan tumbuhan. Terdapat berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang dipadukan dengan kolam renang dan lembah yang indah serta hamparan sawah yang luas.


Taman Botani Sukorambi menawarkan suasana rekreasi yang lengkap bagi keluarga maupun pelajar untuk berwisata sekaligus belajar. Dengan luas kurang lebih 8 ha dengan sejumlah kontur, dibiarkan tetap alami hingga menyenangkan untuk bersantai sambil belajar. Di Taman Botani ini juga terdapat lebih dari 100 anak tangga yang tingkat kemiringanya cukup curam, Para Penelusur yang tidak igin capek, disini juga disediakan fasilitas kendaraan roda tiga.


Di Taman Botani Sukorambi ini juga disediakan berbagai fasilitas khusus untuk Para Penelusur seperti, kolam renang berbagai ukuran (Anak-anak, dewasa dan kolam renang Muslimah), kolam ikan, kolam perahu/kano, kolam pancing, perpustakaan, pendopo, gazebo, Flying fox (atas dan bawah), kebun obat/tanaman herbal serta kebun buah durian dan buah naga. Untuk kolam renang muslimah ini memiliki luas sekitar 100 meter persegi dan tertutup.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...