Sabtu, 19 Agustus 2017

AIR TERJUN TUMPAK SEWU KABUPATEN LUMAJANG DAN KABUPATEN MALANG - JAWA TIMUR

Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (berbatasan dengan kabupaten Malang) yang memiliki banyak aliran air terjun. Dinamakan Tumpak Sewu, lantaran disebut-sebut punya seribu aliran air dan bila diartikan dalam bahasa Jawa adalah sewu.Ada juga yang menyebut Coban Sewu atau Grojogan Sewu secara administratif terletak di aliran sungai Glidih yang menjadi perbatasan kecamatan AmpelGading Malang dan kec. Pronojiwo Lumajang. 


 Air Terjun Coban Sewu ini hampir mirip dengan Air Terjun Coban Pitu di Pujon Malang  Namun yang membedakan adalah jumlah sumber mata air di Air Terjun Tumpak Sewu ini jumlahnya lebih banyak, itu juga yang menjadi alasan kenapa air terjun ini dinamakan Coban Sewu karena jumlah sumber mata airnya yang sangat banyak.

 


Rute untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini dapat melalui Kota Malang – Jawa Timur yang kira-kira memerlukan waktu 2 jam 30 menit dari Kota Malang menuju Lumajang melalui Bululawang - Dampit - Tirtoyudo – Ampelgading. Kemudian masuk gerbang kabupaten Lumajang, setelah di tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada gang turun. Sama halnya seperti menuju lokasi Air Terjun Goa Tetes, rute menuju Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) dapat dilalaui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

 Pemandangan dari atas maupun dari bawah akan terlihat sama indahnya untuk memandangi Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini.

 
 

Untuk bisa masuk ke area Air Terjun Tumpak Sewu wisatawan dikenakan biaya masuk Rp 10.000. Pengunjung yang ingin turun ke lembah air terjun dibatasi hanya sampai pukul 15.00 WIB.






2 komentar:

  1. Apa bis pariwisata bisa masuk lokasi air terjun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari jalan provinsi ke gerbang tiket sekitar 200 m. Bis besar bisa parkir di jalan provinsi. Utk bis kecil isi 24 bisa masuk sampai depan loket.

      Hapus

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...