Sabtu, 19 Agustus 2017

WISATA PARALAYANG GUNUNG BANYAK KOTA BATU - JAWA TIMUR

Gunung Banyak atau yang lebih dikenal banyak orang sebagi wisata paralayang atau paragliding yang terletak di kota Batu Malang merupakan tempat tujuan wisata yang sangat menakjubkan, perpaduan antara keindahan alam pegunungan, hutan di samping kanan dan kiri dari gunung banyak di tambah tatanan kota dan perkampungan dari kota batu yang terlihat dibawahnya. Gunung banyak ini sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 1315 mdpl dan merupakan tempat dimana olahraga yang dalam bahasa inggrisnya paragliding ini di adakan yaitu pada saat PON. Ketika menyebut nama gunungnya mungkin tidak akan banyak orang yang tahu akan keindahannya, namun kalau dengan menyebut paralayang pasti semua orang langsung tahu, paralayang sendiri merupakan olahraga dirgantara dimana kebanyakan dari kita tidak bisa melihat apalagi merasakannya secara langsung, selain harganya mahal juga tidak sembarang tempat ada. Disinilah kita akan bisa melihatnya secara langsung dari dekat jika beruntung.


Wisata paralayang ini sendiri berbatasan langsung dengan Kecamatan Pujon, dan pastinya dekat dengan air terjun coban rondo yang sangat indah itu. Dalam setiap harinya banyak sekali pengunjung yang datang kesini baik dari dalam negeri maupun luar negeri, kebanyakan dari mereka semua kesini hanya untuk berfoto ria alias foto selfie karena pemandangan yang sangat benar-benar bagus.
Dan tak kalah jumlahnya pengunjung yang mencoba menikmati indahnya Kota Batu dengan terbang diatasnya yaitu dengan paralayang ini, untuk mencoba terbang anda akan dikenakan tarif bervariasi, mulai dari yang paling murah sekitar Rp.350.000 sudah termasuk instruktur berlisensi, uang ojek untuk kembali keatas serta termasuk juga biaya untuk asuransi, namun itu semua tergantung dari kemampuan kalian menawarnya.
Jika tujuan anda berkunjung ke gunung banyak ini hanya sekedar menikmati pemandangan yang sangat disana, pastikan anda memilih waktu yang tepat terutama soal cuaca, akan sangat disayangkan jika kesana anda tidak mencoba terbang, dan juga tidak melihat bagaimana paralayang mulai mengudara. Pilihlah hari sabtu atau minggu karena saat itulah sedang ramai-ramainya pengunjung dan kebanyakan komunitas paralayang yang ada berlatih dan menerima job untuk jadi instruktur, bisa juga hari lainnya asal cerah.


Untuk mencapai wisata ini sendiri ada banyak alternatif namun kesemuanya bermuara pada 2 arah yaitu dari Batu untuk yang berasal dari wilayah Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo dan sekitarnya atau dari Pujon dan Ngantang untuk yang berasal dari wilayah Kediri, Jombang, dan sekitarnya.
Jika dari Pujon dan Ngantang.
 Ambil arah ke Batu sampai Pujon hendak arah ke Coban rondo, akan ada pertigaan atau jalan bercabang dimana semuanya menuju ke Kota Batu, ambil yang lurus yang arah ke Songgoriti (Batu) dan pelankan sekitar 100 m ada pertigaan belok kiri, dan ikuti jalan dan papan penujuk jalan yang ada, karena sudah banyak penunjuk jalan yang ke arah paralayang, ketika sampai di kaki bukit akan ada 2 jalan satu ke bawah dan satu keatas, ambil yang keatas disini kondisi jalan mulai terasa tidak enak kerena tersusun atas batu dan beton yang mulai hancur, dan kelihatan tanahnya serta menanjak, 100 m hendak sampai ke tempat parkir akan ada loket tamu, disini anda akan diminta membayar tiket masuk sesuai jumlah orang yang anda bawa yaitu Rp.10.000/orang, lalu lanjutkan perjalanan hingga ketemu area parkirnya.


Pemandangan dari atas Gunung Banyak begitu memukau, tidak heran jika para pecinta olahraga paralayang ini begitu antusias untuk menjajal wahana pemacu adrenalin tersebut. Rasanya suasana pagi yang sejuk dengan suguhan mentari yang menyehatkan tulang begitu lengkap menyambut para penggemar olah raga paralayang wisata Gunung Banyak. Antrian panjang nan tertib menuju tempat utama paralayang juga tidak menjadi masalah karena segala sesuatunya membutuhkan persiapan dan safety yang cukup memadai untuk terbang.
 

Dari ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut yakni dari Gunung Banyak, pemandangan yang amazing bisa kita nikmati. Sawah pertanian terpetak-petak nan hijau terbentang, rumah-rumah yang nampak mini dari atas, permadani bukit-bukit yang tertata rapi dan panorama alam Indonesia yang memukau menjadi suguhan hangat nan tiada duanya yang mampu menggairahkan semangat saat berolahraga Paralayang Wisata Gunung Banyak.
Dengan biayanya yang sangat terjagkau anda sudah bisa terbang layaknya burung melihat pemandangan sekitar yang ada di bawah anda. Tiket yang bisa bayarkan juga sudah termasuk biaya asuransi selama menjalankan olahraga Paralayang Wisata Gunung Banyak yang banyak diminati orang. Bagi anda yang masih pemula anda tidak perlu khawatir akan jatuh dan sebagainya, karena kita akan terbang tandem bersama instruktur paralayang yang bersertifikat dan professional.
Bagi para pengincar spot menarik dalam dunia fotografi, olahraga Paralayang Wisata Gunung Banyak bisa menjadi salah satu obyek foto yang memikat untuk kita abadikan. Hanya sedikit tempat yang memberikan penawaran olahraga paralayang ini. Sehingga disamping menjajal wahana pemacu adrenalin ini kita bisa sembari mengasah kemampuan memainkan lensa kamera yang kita miliki.
Pengalaman menarik bisa kita dapatkan ketika mengikuti olahraga paralayang yakni persiapan para pecinta olah raga tersebut sebelum terbang, tidak hanya orang dewasa yang menggemari paralayang namun anak kecilpun ternyata juga berani mencoba terbang. Paralayang memang menguji nyali dan memacu adrenalin. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir akan keamanan, karena segala sesuatunya telah direncanakan dari faktor keamanan, pemandu yang berpengalaman dll. Sehingga tidak ada salahnya anda mencoba wahana paralayang ini. Anda tertarik untuk mencobanya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...