Selasa, 19 September 2023

KOTA SARANG WALET KABUPATEN KEBUMEN - JAWA TENGAH

Kabupaten Kebumen terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Tengah. Kota Kebumen sebagai ibukota kabupaten berjarak sekitar 105 km barat kota Yogyakarta. Kebumen merupakan salah satu daerah penghasil sarang burung walet, atau yang dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama lawet. Dari sarang burung lawet, ini Kebumen memperoleh pendapatan tertinggi. Oleh karenanya, tak heran jika burung lawet atau walet dijadikan salah satu lambang Kabupaten Kebumen. 


Banyak warga Kebumen yang menjadi pemburu sarang burung lawet. Mereka biasa mencari sarang burung lawet di gua-gua yang terletak di tebing karang pesisir selatan seperti di Kecamatan Ayah dan Buayan. Bahkan karena saking banyaknya masyarakat Kebumen yang menjadi pemburu sarang burung lawet, pemerintah setempat pun membuat sebuah tugu, yang dinamai Tugu Lawet.




 Tugu Lawet yang didirikan sejak tahun 1975 ini terletak di simpang empat pusat Kota Kebumen. Dikutip dari Wikipedia, Tugu Lawet ini dibuat untuk menggambarkan aktivitas serta perjuangan para pengunduh sarang burung lawet di gua-gua pada tebing karang pesisir selatan. Perjuangan para pengunduh ini sangat berisiko dan mengancam keselamatan nyawa.

Tugu Lawet memiliki tinggi sekitar 15 meter, dengan bentuk tidak beraturan yang menggambarkan kontur karang pesisir selatan Kebumen. Terdapat lima patung manusia di tugu ini yang menggambarkan para pengunduh sarang burung lawet.

Tugu Lawet ini dulunya juga dianggap simbol kemakmuran Kebumen dan mempertegas julukan Kebumen sebagai Kota Lawet. Meski demikian, kabarnya keberadaan sarang burung lawet atau walet di Kebumen ini semakin menipis menyusul eksploitasi yang besar-besaran dari para pengunduh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...