Rabu, 11 Oktober 2017

RANU KLAKAH DAN RANU PAKIS KABUPATEN LUMAJANG - JAWA TIMUR

Ranu atau danau yang terletak di kecamatan Klakah kabupaten Lumajang yang terkenal ada tiga, yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis. Kali ini kami hanya mengunjungi dua ranu saja yakni Ranu Klakah dan Ranu Pakis. 
Gamba 1. Ranu Pakis

Ranu Klakah dan Ranu Pakis berada di lereng Gunung Lamongan (tinggi puncak gunung Lamongan 1.668 mdpl). Gunung Lamongan yang merupakan gunung berapi tipe maar (istirahat) di Jawa Timur yang dikelilingi oleh 27 gunung berapi maar diman garis tengahnya berkisar antara150-700 meter. Beberapa maar mempunyai danu yang diantaranya Ranu Klakah, Ranu Pakis, dan Ranu Bedali.
Letak Ranu Klakah sekitar 2,5 km dari stasiun Klakah, sedangkan Ranu Pakis berada sekitar 1 km dari Ranu Klakah. Disini anda bisa menikmati berbagai sarana wisata seperti, speedboat, kano, jet sky, perahu angsa, rakit bambu tradisional, area pemancingan.

Gambar 2. Ranu Klakah

Dan anda pun dapat mecicipi santap pagi di warung-warung sepanjang bibir danau yang menjajakan berbagai macam menu ikan yang diolah sesuai pilihan anda. Usai mencicipi santap pagi, cobalah berkunjung ke Ranu Pakis. Landskap yang hampir sama dengan Ranu Klakah, bagan-bagan apung tempat budidaya ikan air tawar dan anda bisa berinteraksi oleh para nelayan secara dekat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...