Selasa, 27 Agustus 2013

PERKEBUNAN TEH CIATER KABUPATEN SUBANG - JAWA BARAT

Selama menjajah Indonesia, Belanda banyak mendirikan perusahaan perkebunan diantaranya pada tahun 1915  mulai membudidayakan tanaman teh yang sangat luas arealnya sehingga produksi teh sangat berlimpah maka pada tahun 1920 s/d 1922 Bangsa Belanda mulailah mendirikan pabrik untuk pengolahan teh di tiap – tiap Perkebunan yang ada di Jawa Barat tak terkecuali Perkebunan yang ada di kabupaten Subang yaitu Pabrik Pengolahan TehTambakan, Kasomalang dan Serengsari.
 
 
Pada tahun 1934 pabrik teh di daerah Ciater didirikan, dan dioperasikan pada tahun 1937 dengan kapasitas olah ± 900 ton Teh kering setahun.
Pada tahun 1945 Indonesia merdeka terbebas dari segala bentuk penjajahan dan pada sekitar tahun 1950-an Belanda meninggalkan Indonesia, semua peninggalan Belanda diambil alih oleh Inggris salah satunya perusahaan P&T Land PT (Pamanukan dan Tjiasem Land) yang berkantor pusat di Kota Subang.
Setelah Inggris meninggalkan Indonesia semua asset diambil oleh Bangsa Indonesia. Awalmula perkebunan dikelola oleh suatu perusahaan yang diberi nama PTP.XIII, dan sekitar tahun 1979 semua peralatan termasuk mesin-mesin pengolahan diperbaiki dan dimodifikasi disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.
Perkebunan Ciater merupakan salah satu perkebunan yang banyak menghasilkan produksi. Kerena banyaknya produksi, sehingga proses pengolahan tidak berjalan dengan baik akibat kapasitas pengolahan waktu itu hanya sedikit, maka pada tahun 1989 direksi PTP XIII memutuskan untuk membuat pabrik dengan kapasitas pengolahan yang lebih banyak (± 60-70 ton/hari basah). Pabrik yang baru dibangun tahun 1990 diatas tanah seluas 20.000 m3 dengan ketinggian dari permukanan laut ± 1050 Mtr dan suhu rata-rata 18-25ÂșC mampu bersaing dengan perkebunan-perkebunan lainnya dan mampu menghasilkan teh jadi yang berkwalitas baik sehingga terkenal ke mancanegara.
                     

Perkebunan Ciater terletak di kaki gunung Tangkuban Perahu di antara jalan raya Subang Bandung yang mana wilayah bagian selatan berbatasan dengan kabupaten Bandung Barat terletak di daerah Wates Tangkuban perahu, batas sebelah utara terletak di kecamatan Serangpanjang antara jalur Jalan raya Jalancagak dan Wanayasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...