Senin, 09 Januari 2012

WATU DODOL KABUPATEN BANYUWANGI - JAWA TIMUR

Watu Dodol berada persis di tengah jalan raya antara Banyuwangi-Situbondo Jawa Timur, dan tempat wisata alamnya di sebelah barat jalan dengan sebelah timur jalan adalah selat Bali. Di samping itu akan ditemukan pula patung gandrung bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi” yang mungkin ditujukan kepada para pengunjung yang menempuh perjalanannya dari arah Situbondo menuju Banyuwangi atau Bali. 

 
   
Jika kita turun ke area pantai, di situ akan ditemukan sumur air tawar yang keluar dari bebatuan sehingga oleh penduduk sekitar dibuatkan pembatas dari batu dan dibangun seperti sumur. Keunikan lain yang dapat ditemukan di pantai Watu Dodol ini adalah batu karang yang bentuknya berbeda dengan batu karang kebanyakan. Batu karang di pantai Watu Dodol berwarna hitam mengkilap dan sangat keras. Tumbuhan kaktus juga banyak ditemukan tumbuh di sekitar bebatuan.
 



Pantai Watu Dodol juga banyak menyimpan cerita sejarah, hal itu terlihat dari adanya Goa Jepang yang konon digunakan sebagai pertahanan pada perang dunia II. Cerita mistis juga ikut melengkapi keunikan pantai Watu Dodol dimana hal tersebut pernah ditulis pada harian Suara Merdeka yang menjelaskan bahwa “Batu Besar” yang ada di tengah jalan itu pernah dianggap mengganggu sehingga oleh tentara Jepang hendak dipindahkan. Namun, walau sudah puluhan orang dikerahkan untuk memotong batu tersebut agar bisa digulingkan, tidak membawa hasil. Lalu Jepang memutuskan memindakan batu itu dengan ditarik kapal. Ternyata Batu tersebut tetap saja tak bergeming dan kabarnya malah kapal yang menarik itu tenggelam.


Tips Menuju Wisata Alam Pantai Watu Dodol :
Dari Banyuwangi kota menuju pelabuhan Ketapang.
Dari pelabuhan Ketapang menuju pantai Watu Dodol sekitar 2 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...