Senin, 09 Januari 2012

EMBUNG TAMBAKBOYO KABUPATEN SLEMAN - D.I. YOGYAKARTA


Embung dalam bahasa Jawa berarti waduk, sedangkan Tambakboyo merujuk daerah tempat waduk tersebut berada, yaitu di Dusun Tambakboyo, Wedomartani, Ngemplak, kabupaten Sleman. Air waduk Embung Tambakboyo ini berasal dari sungai Tambak Bayan dan sungai Buntung. Waduk dibangun tahun 2003 dan memiliki luas genangan 7,80 ha dan volume tampungan 400.000 m3. Saat ini, Embung Tambakboyo dijadikan oleh warga Sleman sebagai tempat wisata air dan pemancingan yang mengasyikkan. Tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat alternatif untuk memancing. Ikan yang tersedia berupa ikan wader, kotes, nila, dan sepat. 

  
Keberadaan waduk ini juga mempermudah warga sekitar dalam mendapatkan air sumur. Warga tidak perlu lagi menyuntik sumur setiap kali musim kemarau datang. Pemerintah Sleman juga sedang melakukan upaya konservasi lahan sekitar waduk dengan menanami berbagai jenis tanaman, seperti pohon tanjung, mahoni, palem, dan cemara. Hal ini sesuai dengan fungsi utama dari Embung Tambakboyo, yaitu konservasi, wisata lingkungan dan penyediaan air baku. 
  

 Waduk Embung Tambakboyo memiliki keistimewaan dari sisi lahannya yang luas dan hijau. Anda akan merasakan kelapangan dan kenyamanan udara yang segar jika berkunjung ke waduk ini. Panas terik matahari akan hilang oleh hijaunya pepohonan yang ada di sekitar waduk. Anda juga dapat melakukan olah raga air seperti mendayung kano, jet sky, dan sebagainya. Jika Anda lapar, Anda dapat memancing ikan di waduk dan membakarnya di warung sekitar waduk lalu menyantapnya.

Embung Tambakboyo terletak di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok/Ngemplak Kabupaten Sleman, Yogyakarta atau sekitar 1,5 kilometer ke utara dari perempatan Ring Road Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Yogyakarta. Jika Anda ingin ke Embung Tambakboyo, maka untuk mencapainya cukup mudah, baik Anda menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan umum, dari terminal Giwangan, Yogyakarta, Anda cukup naik bus jalur 10 atau bus armada RAS lalu turun di jalan desa menuju waduk. Setelah itu, Anda dapat berjalan kaki atau naik ojek menuju waduk. Namun demikian, Embong Tambakboyo sangat nikmat jika dijangkau dengan menggunakan sepeda ontel. Anda akan merasakan kenyamanan ketika mengendarai sepeda mengelilingi waduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...