Kamis, 14 Maret 2024

MONUMEN OPERASI LINTAS LAUT JAWA-BALI, KABUPATEN JEMBRANA - BALI

Monumen Lintas Laut Jawa-Bali terletak di Cekik Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Bali, tepatnya sekitar 3 km timur pelabuhan penyeberangan Gilimanuk. Di monumen ini terdapat informasi bahwa pertempuran laut ini terjadi di Selat Bali yang dipimpin oleh Kapten Markadi dan di dalam monument ini tertulis setidaknya 290 nama para pejuang pasukan Markadi.Beberapa diantaranya merupakan para pejuang pemuda dari Bali. Tempat monumennya sangat startegis, berada di pinggir jalan Gilimanuk-Denpasar.

Saat masuk ke areanya, suasana begitu hening, dikelilingi rimbunnya pepohonan besar sepeti di tengah hutan Taman Nasional Bali Barat.Di sana terdapat miniatur tank dan torpedo di depan pintu masuk monumen.  Sebelum naik ke atas patung jangkar kapal, kita dapat mengelilingi gambar sejarah pertempuran TNI pada dinding-dinding monument yang dipagari patung senjata dan bambu runcing.

Serta di bagian belakang monumen terdapat prasasti besar yang tertuliskan nama-nama para pejuang saat itu.“Tak banyak pengunjung dengan sengaja datang untuk melihat monumen ini. Kebanyakan pengunjung yang kemari adalah yang akan menyebrang ke Jawa. Sehingga monumen ini hanya sebagai persinggahan sementara untuk nantinya melanjutkan perjalanan,” tutur I Kade Tulus Mertayasa selaku penjaga monumen ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...