Jumat, 06 Oktober 2023

SITUS PETILASAN KI AGENG MANGIR KABUPATEN BANTUL - D.I. YOGYAKARTA

Petilasan Ki Ageng Mangir merupakan cagar budaya yang masih belum dikenal dengan baik oleh khalayak umum. Berawal dari tanah bebas upeti dan pajak (perdikan) yang dipimpin oleh Ki Ageng Mangir dan keturunannya, kini Petilasan Ki Ageng Mangir menjadi objek wisata yang indah dengan suasana pedesaan yang nyaman.


Ki Ageng Mangir adalah ikon dari tempat wisata ini. Merupakan keturunan dari silsilah raja Majapahit, Ki Ageng Mangir menjaga daerah ini selama ratusan tahun dari penguasaan Kerajaan Mataram Islam. Perbedaan kepercayaan adalah akar permasalahannya. Walau Panembahan Senopati dari Kerajaan Mataram Islam mencoba sekeras apapun, kesaktian dari Ki Ageng Mangir membuatnya gagal dan gagal menaklukan tanah ini.

Petilasan Ki Ageng Mangir terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta sekitar 18 km dari pusat kota Yogyakarta. Wisata ini dapat ditempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta, sehubungan dengan lokasinya yang masih jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang penat.

 

Tempat wisata ini telah ada sejak tahun 1900-an, namun belum terawat dengan baik. Hingga pada suatu saat ketika seseorang bernama Mbah Bali turun tangan untuk mengelola lokasi wisata ini. Tempat wisata ini juga diminati pendatang karena suasana yang sangat nyaman untuk melepas rasa penat. Kesejukan pepohonan yang rindang membuat angin yang berhembus terasa segar. Hampir semua Presiden Republik Indonesia pun pernah berkunjung setidaknya sekali dalam periode menjabatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...