Selasa, 13 Desember 2011

WADUK SELOREJO NGANTANG KABUPATEN MALANG - JAWA TIMUR

Waduk Selorejo adalah nama sebuah waduk di kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur berjarak sekitar 45 km barat kota Malang. Kalau naik bus jurusan Kediri-Malang atau sebaliknya, kita pasti akan melewati tepian waduk ini. Meski fungsi aslinya adalah bendungan untuk irigasi dan listrik, waduk selorejo juga difungsikan sebagai objek wisata.
 

Waduk Selorejo terletak di ketinggian 600 meter dpl, membuatnya senantiasa berudara sejuk. Panorama waduk selorejo juga indah karena dikelilingi oleh gunung-gunung antara lain Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro dan Gunung Kawi. Berdiri di tepian waduk menikmati pemandangan waduk dengan latar pegunungan yang diselimuti awan sungguh merupakan kenikmatan tersendiri .Anda yang hobi mancing juga bisa menyalurkan hobi di sini. Bawalah umpan lumut untuk menarik hati ikan-ikan waduk Selorejo.

 

KEBUN JAMBU
Tak cukup menikmati keindahan waduk dari tepi, kita bisa menyeberang ke kebun jambu di tengah waduk. Untuk sampai ke sana, kita harus menyewa perahu. Perahunya ada yang bermesin, ada yang dayung. Untuk perahu mesin, biayanya hanya Rp.5000/orang sekali jalan, dan hanya butuh 10 menit pula untuk mendaratkan kaki di kebun jambu.
Cukup membayar Rp.1000/orang, kita pun bebas masuk dan berkeliaran di areal kebun jambu klutuk. Mau makan sepuasnya silakan. Jambu klutuk yang kuning ranum menggantung di pohon memang amat menggoda untuk dipetik dan dimakan. Selain makan di tempat, kita juga boleh membawa pulang jambu yang sudah kita petik. Cukup membayar Rp.3000/kg. Lumayan buat nge-jus di rumah. 
Ada banyak warung makan lesehan di sekitar waduk yang menyajikan menu ikan bakar khas waduk Selorejo. Ikan bakar, sambel, dan lalapan cukuplah menjadi santapan istimewa. Oya, yang pengen nginap di Selorejo juga bisa kok. Ada jasa hotel dan cottage di sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MONUMEN OPERASI LINTAS LAUT JAWA-BALI, KABUPATEN JEMBRANA - BALI

Monumen Lintas Laut Jawa-Bali terletak di Cekik Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Bali, tepatnya sekitar 3 km timur pelabuhan penyeberanga...