Rabu, 14 Desember 2011

MUSEUM KERATON KABUPATEN SUMENEP - JAWA TIMUR

Salah satu wisata sosial budaya yang menjadi unggulan dan paling berpotensi di Sumenep ialah Museum Keraton Sumenep. Mungkin banyak dari anda yang menyangka Keraton hanya ada di Solo dan Jogjakarta. Memang tidak salah, tapi Keraton Sumenenp adalah satu-satunya Keraton yang berada di Pulau Madura ini.
Oleh karena itu Museum Keraton Sumenep yang berlokasi di depan Keraton Sumenep, berjarak hanya beberapa meter dari bangunan utama Keraton.


Museum yang sering dikunjungi wisatawan dan para pelajar inni mengoleksi beberapa benda yang mememiliki nilai historis yang berkaitan dengan tata kehidupan masyarakat Sumenep.

Beberapa benda bersejarah milik museum Keraton Sumenep yang menarik bagi wisatawan diantaranya:
- Kereta Keraton yang merupakan pemberian Pemerintah Belanda kepada Sultan Abdurrahman sebagai ucapan terima kasih, alat ini menjadi satu-satunya alat transportasi yang dipakai oleh para punggawa dan bangsawan Keraton saat berkunjung ke daerah-daerah kekuasaanya. Kereta yang ditarik oleh dua kuda pilihan sehingga larinya kencang dan bisa dinaiki oleh beberapa orang.
- Benda-benda antik dari keramik buatan China zaman Dinasti Ming
- Benda-benda yang dikeramatkan seperti keris, tombak, pedang, meriam kuno dll.
- Naskah-naskah kuno
- Peralatan pertanian kuno dan peralatan dapur kuno
- Prasasti, arca dll.


Museum Keraton Sumenep yang biasanya beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00 - 17-00 kecuali hari Senin biasanya libur. Benda-benda yang disimpan di Museum Keraton Sumenep sebagaian besar peninggalan para Bangsawan Keraton Sumenep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MONUMEN OPERASI LINTAS LAUT JAWA-BALI, KABUPATEN JEMBRANA - BALI

Monumen Lintas Laut Jawa-Bali terletak di Cekik Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Bali, tepatnya sekitar 3 km timur pelabuhan penyeberanga...