Selasa, 06 Desember 2011

GUNUNG MERAPI KABUPATEN SLEMAN - D.I. YOGYAKARTA




Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004, dan merupakan salah satu gunung api teraktif di dunia.
Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat hanya berjarak 30 km dari puncak. Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini (Decade Volcanoes). Di lerengnya masih terdapat pemukiman sampai ketinggian 1700.
Pada bulan Oktober dan November 2010, Merapi mengalami erupsi yang besar dan menewaskan ratusan warga hingga berjarak 17 km dari puncak karena lahar panasnya menerjang sungai Gendol sampai di desa Sindumartani kecamatan Ngemplak kabupaten Sleman. Bahaya skunder lain dari dampak erupsi Merapi 2010 adalah banjir lahar dingin di sungai-sungai yang berhulu di Merapi, terutama sungai-sungai di sebelah barat dan selatan Merapi. Banjir lahar dingin sempat memutuskan jalan utama Magelang ke Yogyakarta yang tertimbun material Merapi sampai setinggi 4 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...