Senin, 12 Desember 2011

DESA WISATA TRUMPON KABUPATEN SLEMAN - D.I. YOGYAKARTA

Desa wisata Trumpon terletak di Dusun Trumpon, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Desa wisata Trumpon merupakan desa wisata dengan dengan obyek agrowisata yaitu perkebunan salak pondoh.
 

Di desa ini juga terdapat gardu pandang Gunung Merapi yang berada di sebuah lokasi yang benar-benar terbuka untuk melihat Gunung Merapi dengan sangat jelas. Selain gardu pandang setinggi 20 meter, lokasi ini juga menyediakan gazebo-gazebo untuk melihat Gunung Merapi. Gardu pandang Trumpon ini direkomendasikan sebagai salah satu tempat yang tepat untuk memotret Gunung Merapi.
 
 
Bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing, desa wisata Trumpon memiliki area memancing yang cukup luas. Wisatawan bisa memancing sepuasnya di kolam ikan di dusun Trumpon.
  • Outbond. Arena outbond juga terdapat di dusun Trumpon. Selain menyenangkan, outbond juga bermanfaat untuk melatih kerjasama tim.
  • Perkebunan Salak Pondoh. Deretan pohon salak yang berjajar rapi di kiri-kanan jalan  akan menyambut siapa saja yang memasuki Desa Trumpon. Pemandangan perkebunan salak dengan daun-daunnya yang berwarna hijau ini memang menyegarkan. Di sela-sela kebun salak tersebut, satu dua rumah terlihat berpadu asri dengan rimbunnya pohon salak yang menjadi tanaman utama desa ini. Desa Trumpon memang dikenal mempunyai jalan-jalan yang lebar dengan perkebunan salak yang lebat.
  • Homestay. Apabila wisatawan ingin merasakan suasana bermalam di pedesaan dan membaur dengan kehidupan penduduk desa, maka di dusun Trumpon tersedia homestay yang dapat menampung cukup banyak. Dengan harga yang terjangkau, wisatawan dapat merasakan interaksi bersama penduduk desa.
  • Jamu Alami Tradisional. Jamu merupakan salah satu minuman khas tradisional yang memiliki banyak khasiat. Pembuatan jamu secara tradisional merupakan salah satu obyek yang menarik di dusun Trumpon. Wisatawan dapat mempraktekan langsung bagaimana cara membuat jamu secara tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...