Selasa, 06 Desember 2011

CANDI GEBANG KABUPATEN SLEMAN - D.I. YOGYAKARTA

Candi Gebang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Yogyakarta ke arah utara, tepatnya di Gebang Wedomartani Ngemplak Sleman, sekitar 2 km dari terminal Condong Catur.
Candi Gebang sesungguhnya berbentuk sangat kecil diantara pekarangan candi yang cukup luas. Candi ini hanya berukuran sekitar 5 x 5 meter dengan tinggi sekitar 7,5 meter.
Candi Gebang yang terletak di barat Stadion Maguwoharjo ini ditemukan pada tahun 1936. Berawal dari temuan Arca Ganesha oleh warga sekitar kemudian ditindaklanjuti dengan dilakukan candi. Pada awalnya kondisi candi ini sangat memprihatinkan, sehingga pada tahun 1937 dilakukan pemugaran hingga tahun 1939 oleh ilmuwan Belanda Prof. Dr. Ir. Van Romondt. Biaya untuk memasuki kawasan candi ini relatif murah, hanya Rp.2000,- untuk dewasa dan Rp.1000,- untuk anak-anak.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke candi ini memang agak sulit untuk menemukan lokasinya karena selain tempatnya yang terpencil, plang jalan menuju candi ini juga sebagian besar telah usang. Anda perlu bertanya pada penduduk tentang detail keberadaan Candi Gebang ini. Lokasi pastinya adalah sekitar 1,5 km ke arah utara dari Ringroad Utara, tepatnya di depan Kampus Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta. Jika anda ingin lebih mudah, anda cukup perlu minta diantarkan oleh ojek kendaraan bermotor di pasar Condongcatur atau terminal Condongcatur hanya dengan biaya sekitar Rp.10.000,00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...