Senin, 12 Desember 2011

ALUN-ALUN KOTA BATU - JAWA TIMUR

Sejak diresmikan pada tanggal 2 Mei 2011 yang lalu, Alun-alun Kota Batu memang selalu menjadi pusat perhatian bagi masyarakat lokal dan juga bagi pengunjung dari luar kota. Di samping konsepnya yang mirip sebuah tempat rekreasi ala Jawa Timur Park, alun-alun ini merupakan satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki wahana Bianglala atau Ferris Wheel bagi pengunjung. 

 
Selain itu, juga disediakan wahana permainan anak-anak yang dapat digunakan secara gratis. Air mancur merupakan unsur dominan yang menghiasi tiap sudut, dan juga unsur pokok yang menghiasi patung apel sebagai ikon Kota Batu.
Di alun-alun ini juga disediakan ruang informasi yang bentuk bangunannya berupa buah Strawberry raksasa, dan juga toilet yang berbentuk buah Apel raksasa. Dari ruang informasi inilah setiap pengumuman dan ucapan selamat datang bagi pengunjung berkumandang di seluruh penjuru alun-alun tiap beberapa menit, dan diselingi dengan lagu-lagu populer untuk membuat suasana alun-alun menjadi hidup.
 

Mungkin tidak terbayangkan, bahwa alun-alun yang tertata dan cukup bersih ini, dulunya adalah pasar tradisional yang padat dan kumuh. Lalu setelah terjadi musibah kebakaran yang melumat habis seluruh  isi pasar, akhirnya pasar tersebut dipindahkan ke sebelah selatan Kota Batu sekaligus sebagai pengembangan wilayah kota.
Alun-alun inipun telah beberapa kali dirombak dengan desain yang berbeda-beda. PT Bentoel sebagai perusahaan rokok raksasa, pernah memugar alun-alun dengan desain yang cukup unik dan membangun patung logo Rokok Bentoel yang cukup besar ditengah-tengah alun-alun. Setelah itu, terjadi perombakan dua kali lagi, dan barulah kemudian wajah alun-alun Kota Batu seperti yang kita lihat sekarang ini.
Lingkungan di sekitar alun-alun pun ikut berubah sesuai dengan perubahan yang terjadi di alun-alun. Kalau dulu di jalan sebelah selatan alun-alun terdapat puluhan pedagang kaki lima yang menjual aneka ragam makanan, kini jalan tersebut sudah bersih dari pedagang kaki lima dan dijadikan lahan parkir sepeda motor yang jumlahnya mencapai ratusan.
 

Alun-alun dengan konsep yang unik ini, rupanya juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan foto diri mereka bersama orang-orang terdekat. Biasanya mereka memilih patung apel sebagai background. Bagi para fotografer profesional maupun pemula, obyek-obyek yang terdapat dalam alun-alun  juga menarik minat mereka untuk membidikkan kamera dari angle-angle yang dirasa bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALUN-ALUN KABUPATEN TULUNGAGUNG - JAWA TIMUR

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau yang dikenal dengan sebutan “Taman Aloon-aloon" merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman...